Masa Kehamilan Awal Mengalami Pendarahan

Rabu, Februari 20, 2019




O hello!!

Memiliki seorang anak setelah pernikahan adalah hal yang didambakan setiap pasangan. Beruntungnya gw, karna sehabis menikah kemarin, cuma "kosong" sebulan eh.. Alhamdulillah langsung "isi" :)

Dan ternyata, gw baru tau, masa-masa kehamilan awal itu bermacam ya rasanya. Bersyukurlah mereka yg bisa merasakan masa kehamilan awal secara baik-baik saja dan bisa tetap beraktivitas normal seperti biasa. Nah.. what about mine?
Superb!! Gw mau share sedikit tentang pengalaman masa kehamilan awal gw disini..


1. Kehamilan Awal Banyak Pendarhaan

yap. Gw kebetulan baru aja tau gw hamil setelah janin gw berumur 5 minggu. The day after gw ke dokter buat usg dan dinyatakan positif hamil, gw masih kerja seperti biasa. Gw inget saat itu akhir bulan dan gw lembur untuk siapin data laporan bulan depan. Jam 6 teng gw pulang kantor, dijalan gw udah berasa mual-mual tapi gw tahan sampe rumah. Dan beneran dong.. sampe rumah pas gw mau ke toilet.. itu gw liat di "CD" gw... ada flek yang bebrbentuk seperti hati ayam dan lumayan banyak keluarnya. Gw panik. Parah. Gw foto langsung itu flek gw dan kirim via wa ke Barbara (she's a bestfriend of mine, dan dia dokter juga, dan udh pengalaman hamil). Then she told me to calm down. Dan segera check up ke RS. So i went to the Hospital with my mom as soon as posible after that.

Suami gw saat itu masih di bandara Soeta krn baru pulang dinas dari Jogja dan diapun bergegas ke RS setelahnya.

Gw ke RS Permata Cibubur. Disana sigap banget pelayanannya. Gw ceritain ke bagian reservasi dan langsung dilarikan ke UGD dan di rawat malam itu. Mama sama Mas Ingga yg (aduh kesian masih cape) selalu nemenin gw disana.

Gw takut, khawatir, apakah janin gw baik-baik aja? Kenapa pendarahannya banyak ya?

Satu tips sih, ternyata kalo mengalami hal ini, kita tuh gak boleh stress. Semakin stress, darah yg keluar akan semakin banyak.

Gw dirawat selama 5 hari di RS Permata Cibubur dengan Dokter Asdineri. Dokternya dari segi usia keliatan sih senior banget.

Sebelum pulang, pendarahannya sempet berhenti tapi selang dua hari sejak bed rest total di rumah, pendarahannya muncul lagi dan even makin banyak.

Gw gak tau sih, di RS Permata Cibubur pas gw usg masih belum keliatan janinnya, yang membuat gw tambah stress.. apakah gw hamil kosong apa gimana? kok gak brenti pendarahannya? :(

2. Second or Third Opinion is a must!

Setelah itu, gw sama Mas Ingga akhirnya ke RSIA Bunda Menteng untuk check up lagi. Di Bunda Menteng, gw ditangani sama Dokter Nana. Hal yang paling gw inget adalah, pertama kali gw denger detak jantung Janin gw.. sampe netes air mata nih pas di USG saat itu. I carried a baby on my womb!! Dan gak kosong.. ada Janinnya dan sehat kata Dokter Nana. Bahagia banget.

Tapi perut gw 1/3 nya mengalami pendarahan yg membuat kantung hamil gw gak seluruhnya attached ke dinding rahim, means bisa luruh kapan aja :(
Makanya gw harus total bedrest di tempat tidur.. bangun cuma buat ke toilet aja. Titik.
Iya.. gw ikutin.. apapun demi my baby :')

Jarak dari rumah Cijantung ke Menteng lumayan jauh ya.. gw udah pusing di jalan karna macet dan... sadly, abis dari sana, gak terlalu banyak perubahan. Gw masih aja pendarahan. Padahal gw udah bener-bener total bed rest dan left my office for 2 weeks.

What should I do?

3. Ikhlas dan Sabar

Gak menyerah dong. Mas Ingga, dapet rekomendasi dari temen kantornya. Akhirnya kita ke RS Pondok Indah. Disana ditangani sama Dokter Yassin. Dokternya masih muda banget, tapi pinter.

Di RSPI, gw harusnya di rawat, tp karna gw stress kalo di RS harus opname, gw minta rawat jalan aja.
Obat yang di kasih juga luar biasa buanyak.. hahaha..

Itu perut gw di suntik, terus di kasih obat-obatan sbb :
- Transamin, sbg penghetian pendarahan
- Duphaston, sbg penguat kandungan
- Cygest, sbg penguat kandungan
- Narfoz, sbg penghilang mual
dan vitamin untuk my baby.

Alhamdulillah... setelah ke RSPI gw gak mengalami pendarahaan lagi. Cuma Flek yang makin hari makin samar sampe clean.

Seminggu setelahnya, kita check up lagi, dan USG kali ini, pendarahan di perut gw udah tinggal sedikit, Janin juga, Alhamdulillah sehat, tapi masih belum boleh bergerak banyak.

Sungguh, ini ujian yang paling berat. Banyak cerita yang gw denger dari sesama pasien, sodara, atau teman. Ada yang dia juga mengalami pendarahan dan lost their babies, tapi ada juga yang harus istirahat 4 bulan di tempat tidur tapi anaknya sekarang udah umur 5 tahun dan sehat-sehat.


Percaya deh, ada momentnya saat gw low banget. Bed rest itu gak enak. Badan pegel, panas karna tiduran terus, jalan juga cuma boleh ke toilet. Gerak gak bebas. Belum lagi banyak orang yang kita repotin disekitar kita. Tapi ini untuk si baby. Hilangin dulu rasa bersalahnya ya. Kalo dokter bilang bed rest, ya nurut.
Jangan nyalahin keadaan juga. Inget, kita dititipin sama Allah dengan cara dan hikmahnya masing-masing. Jangan jadi sebel juga sama baby nya ya.

Supporter utama gw sih udah pasti Suami tercinta. Dan doa dari keluarga dan temen.

Sekarang the baby udah mau berinjak ke 8 weeks nih.. doain sehat-sehat ya Onty Uncle.. Terima kasih. ❤


(post ini dibuat di tempat tidur, diketik dari smart phone, dalam masa-masa bosan saat harus bed rest :p )
Ins. 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images